16 Januari 2016

Pria Ini Tewas Saat Uji Coba Obat Berbasis Ganja

Biotrial/foto: theguardian

Sebuah klinik swasta di Rennes, Prancis, sedang menguji sebuah obat oral berbasis ganja produk dari Biotrial yang melibatkan enam orang sukarelawan. Namun, naas salah satu di antara mereka meninggal dunia dan lima lainnya dalam kondisi kritis.


Dikabarkan oleh Ibtimes.co.uk, kemarin (16/1), bahwa obat yang kegunaannya adalah peredam rasa sakit tersebut sudah melalui uji coba pada simpanse, dan tidak ditemukan sesuatu yang membahayakan. Diketahui, sukarelawan yang tewas tersebut sebelum meninggal mengalami mati otak. Sedangkan kelima orang lainnya mengalami gangguan saraf.

Namun. pemerintah setempat, dalam hal ini Mentere Kesehatan Perancis Marisol Touraine, berjanji mengusut tuntas kasus ini. Saat ditemui oleh tim wartawan, dirinya membantah bahwa obat tersebut mengandung ganja. Dia belum bisa menyebutkan apa saja kandungan kimia di dalam obat tersebut.

Biotrial adalah perusahaan obat berskala internasional yang berdiri sejak 1989, dan telah melakukan ribuan kali uji klinis obat. Dan komersial faramsi, uji klinis adalah prosedur yang harus dijalani sebelum obat dilepas ke pasaran.

Pihaknya menyebutkan bahwa memang biasa terjadi kelainan saat uji coba, tetapi jika sampai menyebabkan kematian baru terjadi kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar