14 Januari 2016

Palu dan Belitung Akan Dijadikan Pusat Observasi Gerhana Matahari Total 2016

Foto: telegraph
Tahun 2016 ini dipastikan akan terjadi fenomena-fenomena langit, di antaranya adalah gerhana bulan, supermoon, hujan meteor dan teristimewa adalah gerhana matahari total (GMT). Menurut ilmu astronomi bahwa gerhana matahari akan terjadi pada 8 Maret 2016. Beruntungnya adalah Indonesia adalah titik di mana gerhana itu akan terjadi.


Secara geografis dan astronomi, gerhana matahari total ini melintas Indonesia di Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Namun, ada dua tempat yang akan dijadikan pusat observasi, yaitu Pertama, Palu Sulawesi Tengah. Diperkirakan sebanyak 3000 wisatawan mancanegara (wisman) yang terdiri dari para ilmuwan akan bejubel di sana. Jumlah ini diprediksi akan lebih.

Wisatawan itu berasal dari Singapura, Inggris, Amerika, Malaysia, China, Perancis dan Italia.

Selain Palu, tempat yang dianggap strategis untuk dijadikan observasi gerhana matahari total ini adalah Belitung, tepatnya di Tanjung Pandan. Awal gerhana total di Tanjung Pandan diperkirakan akan dimulai pukul 07:22:54.1 WIB dengan puncak gerhana pukul 07:23:59.4 WIB. Gerhana matahari total akan bisa dilihat dari semua sudut Tanjung Pandan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar