17 Januari 2016

Ingin Cepat Laku Barang Bekas Anda di OLX? Ini Kiatnya

Foto: studentjob

Percaya atau tidak, pencari barang bekas di internet, khususnya di OLX, jumlahnya ribuan bahkan jutaan per hari. Mulai dari pencarian mobil bekas, motor, barang elektronik, gadget, perabot rumah, properti, mainan anak dan lain-lain. Namun tidak semua orang mau menjual barang bekas di rumahnya di OLX. Banyak alasannya. Salah satunya adalah karena barang bekas, mana mungkin laku? 

Memang, ada sebagian orang yang memasang iklan barang bekasnya sebulan lebih tidak laku-laku. Oleh karenanya mereka bosan atau enggan memasang iklan di OLX. 

Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saya yang sering menjual barang-barang bekas di OLX dan alhamdulillah laku cepat, tidak sampai seminggu. Bahkan pernah masih dalam hitungan jam setelah iklan diposting. Mau tahu caranya?

Caranya sangat sederhana jika ingin cepat laku barang bekas Anda di OLX. Ikuti prosedur pengiriman iklan melalui formulir yang disediakan oleh OLX dan jangan lupa resep-resep berikut ini:

1. Penulisan Judul Iklan

Buatlah judul iklan semenarik mungkin yang membuat pembaca iklan penasaran atau tergerak hatinya, minimal, membaca iklan Anda. Syukur-syukur mau menghubungi dan bernegoisasi. Saya kasih satu misal, Anda akan menjual layar "monitor LCD Samsung 19 inci". JIka anda melihat kalimat tersebut dijadikan sebuah judul iklan, akan terasa hambar dan biasa saja. Berbeda jika saya menuliskan, "Monitor LCD Samsung 19 inci Layar Lebar, Lega dan Tampilan Bening". 

Judul seperti ini mengandung diskrpsi singkat barang yang Anda jual, sehingga membuat minat pembaca. Usahkan selalu menulis judul dengan cara kapitalisasi huruf depan kata, agar terliat bagus dan jangan terlalu panjang. Cukup singkat dan padat.

2. Pemilihan Kategori

Ini sangat penting. Anda harusm memilih kategori yang sesuai dengan jenis barang bekas yang anda jual. Ketika Anda menjual laptop misalnya, Anda akan diberikan opsi kategori barang tersebut. Apakah masuk barang elektronik umum, alat perkantoran atau komputer dan laptop. Nah, seharusnya Anda memilih komputer dan laptop sebagai kategorinya, bukan alat kantor meskipun laptop juga dipakai di perkantoran. Ya, saya kira Anda paham untuk soal ini. Sesuaikan kategorinya, karena pencari barang bekas akan mencari barang yang memang sesuai dengan kategorinya. Jika pas, barang bekas Anda mudah ditemui dan cepat lakunya.

3. Deskripsi Barang yang Dijual/Penjelasan

Kolom ini sering diabaikan alias dikosongkan. Kenapa? Alasan utamanya adalah malas menulis. Kalo Anda pengen barang bekasnya cepat laku tulislah deskripsi iklan agar pembaca atau pencari barang bekas itu mengerti apa sebenarnya barang yang ANda jual. Kalo Anda tidak menulisnya, dijamin lama lakunya. Saya akan memberi anda misal.

Anda akan menjual motor Honda Vario tahun 2010. Hampir semua orang sudah tahu model dan spesifikasinya. Namun alangkah baiknya jika Anda menulisnya kembali spesifikasi itu, karena boleh jadi yang mencari Honda Vario 2010 tidak tahu persis spec-nya. Tulislah walaupun Anda menjiplak dari blog atau web otomotif. Ini akan menarik. Selain itu, tambahkan testimoni Anda tentang pengalaman berkendara selama ini dengan Honda Vario dan kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan. Ini adalah nilai plus. 

Kemudian, cantumkan di dalam deskripsi iklan ini nama Anda dan alamat lengkap rumah atau tempat di mana barang yang anda jual itu berada. Ini akan meyakinkan calon pembeli. 

Jika Anda bisa menyajikan lebih, Anda pasti akan mendapatkan lebih. Tulislah deskripsi iklan sebaik dan semenarik mungkin. Tulislah yang panjang dan banyak, jika memang itu perlu. Karena OLX sendiri menyediakan 4096 karakter yang bisa anda gunakan dalam tulisan di kolom.

Yang perlu anda ingat dalam penulisan deskripsi yang menarik adalah:
- Sapa calon pembeli Anda. Seperti, "permisi gan..", "halo bos.." atau salam Islam jika Anda muslim "Assalamualaikum..."
- Tulis penjelasan atau uraian barang bekas yang Anda iklankan di OLX sejelas dan semenarik mungkin. Caranya seperti di atas.
- Cantum nama dan alamat jelas rumah Anda di bagian penutup deskripsi.
- Tulislah kalimat terima kasih kepada pembaca dan penayang iklan, yaitu OLX.

4. Upload Foto

Jika Anda punya kamera, ambil gambar barang bekas yang Anda iklankan. Klaim dari OLX, penambahan foto akan mendapatkan 5 x respon lebih cepat daripada tidak memasang gambar. Ini benar, dan sudah terbukti. Pilihlah foto barang bekas Anda dengan hasil yang terbaik. Jangan Anda pasang foto yang hasilnya blur atau gelap. Orang akan malas jika melihat foto yang tidak jelas. 

Ambil gambar objek dari segala penjuru. Misal, Anda akan menjual mobil. Umumnya orang akan ingin tahu sisi interior (dashboard), eksterior, kap mesin, kabin penumpang dan kolong kaki-kaki. OLX  menyediakan 8 slot untuk foto yang akan diupload yang bisa Anda manfaatkan sesuai objek gambar yang dipilih.

Hal ini perlu diperhatikan agar calon pembeli Anda benar-benar mengamati barang yang ingin mereka beli sesuai harapan. Jika memang cocok, pasti dia akan mengajukan nego kepada Anda. 

Ambil gambar, pilih gambar terbaik dan upload foto. Tidak perlu diedit-edit, biarkan natural apa adanya. Itu akan mengesankan kejujuran bagi Anda. Orang lain akan lebih percaya.

5. Kontak Anda

Jika Anda memang berniat betul menjual barang bekas Anda di OLX, pasang nomer telpon/handphone yang masih aktif dan selalu Anda bawa. Saya sering mendapatkan keluhan dari beberapa orang bahwa mereka berminat dengan suatu barang, tetapi begitu ingin menghubungi si empunya barang tidak bisa dihubungi. Entah itu tidak diangkat, tidak aktif, sms tidak balas, bahkan mencantumkan nomer hoax alias palsu.

Ini jangan sampai terjadi. Jika Anda ingin laku barang bekasnya, pasang kontak yang masih aktif dan angkat telpon Anda jika berdering. Sapa dengan baik dan sopan calon pembeli Anda. 


Ya, saya kira itu 5 poin penting kalau Anda ingin cepat laku barang bekas Anda di OLX berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama ini yang sudah menjual puluhan barang bekas di OLX. Semoga bermanfaat dan semoga Anda berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar