23 Januari 2016

Kiat Cepat dan Mudah Atasi Serangan Asam Urat Akut

Ilustrasi, nyeri kaki karena asam urat/foto: hydingout

Asam urat bisa melanda siapapun, terlebih orang berusia 20 tahun ke atas. Asam urat merupakan indikator kandungan zat purin terlampau tinggi di dalam tubuh. Zat purin yang diperoleh dari makanan diolah menjadi asam urat, namun jika berlebihan ginjal tidak akan bisa membuang kristal asam urat dan membuat endapan lalu menumpuk di persendian. Hasilnya, sendi terasa nyeri, meradang dan bengkak.


Jika Anda mengalami penderitaan luar biasa karena asam urat, terlebih pada malam hari, berikut ini kiat cepat dan mudah atasi serangan asam urat akut yang dinukil dari situs kesehatan, everydayhealth.com.

1. Periksakan ke dokter.
Jika anda mendapatkan rasa sakit di pergelangan maupun di persendian yang belum pernah anda alami sebelumnya, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini untuk memastikan apa yang sedang terjadi pada tubuh Anda. Bila perlu anda akan diminta untuk menjalani tes darah untuk memastikan kadar asam urat dalam darah.

2. Istirahatlah.
Dikatakan oleh seorang dokter spesialis Rheumatology di Rumah Sakit Henry Ford di Detroit,  James C.C. Leisen, MD, bahwa serangan asam urat memanglah amat menyakitkan. Kendati demikian, ia tidak berlangsung lama dan cepat pergi. Oleh karenanya, anda perlu istirahat, baik dengan duduk, bersandar atau berbaring.

3. Kompres dengan air es dingin.
Peradangan akibat asam urat bisa reda jika dikompres dengan air es pada sendi yang sakit. Tidak disarankan menggunakan air hangat karena justru akan menambah rasa nyeri.

4. Tanggalkan pakaian anda.
Terkadang rasa sakit akibat asam urat akan terasa meningkat jika peradangan tersebut bersentuhan dengan sesuatu, meskipun itu lembut, seperti kain dan semacamnya. Oleh sebab itu, tanggalkan pakaian anda agar persendian yang sakit terasa lebih nyaman dan longgar.

5. Perhatikan pola makan anda.
Jika anda memiliki asam urat atau beresiko mendapatkannya, hindari sebisa mungkin makanan atau minuman yang mengandung zat purin tinggi yang mengakibatkan asam urat berlebih. Seperti, makanan yang mengandung protein hewani, sayuran kehijauan, biji-bijian, minuman bersoda dan alkohol.

6. Tambahkan air minum.
Jika Anda sehari minum air putih hanya 1 liter, maka anda disarankan menambah konsumsi air minum 2-3 liter untuk mengurangi rasa nyeri asam urat. Tujuannya adalah agar kandungan kristal asam urat yang menumpuk di dalam ginjal maupun persendian bisa dikeluarkan bersama air seni.

7. Ambil obat Anti-Inflamasi.
Obat anti Inflamasi atau anti-peradangan sangat banyak ditemukan di toko-toko obat. Anda bisa menanyakannya di apotik dengan anjuran dosis yang tepat. Atau sebaiknya, anda konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

8. Bersabarlah.
Ini merupakan kiat perpaduan antara usaha manusia untuk mengobati diri agar sembuh dan doa kepada Allah untuk menunggu keajaiban datang (kesembuhan). Saya pernah mengalami asam urat akut yang rasa nyerinya sangat luar biasa. Namun, di saat yang sama jika kita meratap, merengek, marah-marah dan lain sebagainya justru akan menambah rasa sakit itu.

Dr. Leisen mengatakan,"Bersabar dan menunggu bisa jadi saran terbaik. Sebuah serangan asam urat atau gout bisa hilang dalam beberapa hari. Minumlah obat yang diresepkan oleh dokter anda dan istiratlah di tempat tidur".


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar