22 Januari 2016

Durasi Terlama, Pemerintah Poso Siapkan 5.000 Kacamata Hitam untuk Melihat Gerhana Matahari Total

Ilustrasi, nonton bareng GMT dengan kacamata hitam/foto: wsj

Pemerintah Kabupaten Poso, dalam hal ini Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Poso Putera Botilangi di Poso, Kamis (22/1), menyebutkan bahwa GMT akan disaksikan secara massal di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, sekitar 40 kilometer utara Kota Poso.


Desa Kalora ditetapkan sebagai lokasi observasi atau pengamatan sebagaimana hasil peninjauan yang dilakukan tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama LSM Institut Mosintuwu Poso. Desa Kalora adalah titik yang dianggap paling tepat dan paling lama menikmati GMT. Gerhana matahari total di Desa Kalora akan terjadi selama dua menit 40 detik mulai pukul 08.38 WITA.

Informasi yang didapat dari Putera menyebutkan 15 dosen ITB akan meletakan empat buah teropong untuk mengamati GMT dan menyiarkannya secara langsung melalui televisi.

Pada 8 Maret malam, masyarakat setempat dan para pengunjung yang berada di lokasi pengamatan akan dihibur dengan pemandangan situasi luar angkasa yang akan diperlihatkan oleh para ilmuwan ITB dengan menggunakan teropong canggih.

Putera pun menambahkan sebagai bentuk persiapan sambung gerhana matahari total 2016, pemerintah setempat menyiapkan gedung SMK dan SMP Kalora sebagai tempat kegiatan yang akan didatangi oleh pengunjung domestik maupun internasional.

Tidak hanya itu, pemerintah telah menyiapkan 5.000 kacamata hitam untuk para wisatawan di lokasi tersebut.

Para wisatawan asing dan domestik yang menyaksikan gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 itu, disiapkan Festival Kawaninya yang akan digelar untuk menghibur selama dua hari yakni 8-9 Maret. Dalam Festival Adat tersebut diisi dengan berbagai jenis tarian dan lagu-lagu daerah setempat.

1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus