17 Januari 2016

Inilah 8 Perusahaan Raksasa Dunia Yang Lahir Dari Garasi Kecil

Ilustrasi garasi/ foto: winkgo

Tidak banyak orang yang tahu sejarah berdirinya perusahaan-perusahaan raksasa di dunia. Mereka hanya tahu sekarang, bahwa mereka telah merajai sejumlah pasar dunia dengan beragam segmen dan bidangnya. Nah, di artikel kali ini saya mengajak anda untuk tahu, bagaimana sih mereka memulai bisnisnya? Apakah dari serba kecukupan dan modal besar?

Inilah 8 perusahaan raksasa dunia yang lahir dari garasi kecil, dimulai urutan tahun terlama:


1. Harley Davidson
Perusahaan otomotif dunia, Harley Davidson, dirintis oleh William S. Harley dan temannya Arthur Davidson pada tahun 1903. Awalnya, mereka berdua merancang pembuatan mesin kecil untuk sepeda di garasi rumah Harley di di Milwaukee, Wisconsin. Garasi yang terdapat di rumahnya itu bukanlah garasi untuk mobil, karena Harley tidak memiliki mobil. Garasi itu merupakan gudang kayu yang hanya berukuran 3 x 4 meter.

Ilustasi gudang kayu cikal bakal Harley Davidson lahir/foto: distractity


2. The Walt Disney Company
Siapa yang tidak tahu produser film ternama di dunia, The Walt Disney Company? Perusahaan film yang memproduksi film-film kartun animasi yang lucu itu didirikan oleh Walt Disney dan adiknya Roy pada tahun 1923. Mereka merintis perusahaan film ini di sebuah garasi milik pamannya, Robert Disney. Di sanalah mereka mendirikan "The First Disney Studio" dengan memulai syuting Alice Komedi yang merupakan bagian asli dari Alice Wonderland.

Walt Disney lahir dari garasi kuno ini/foto: lamag

3. Hewlett Packard (HP)
Hewlett Packard adalah kombinasi dua nama dari persahabatan dua insan yang merancang sebuah osilator audio lalu berkembang ke perangkat komputer. Adalah Bill Hewlett dan Dave Packard yang mendirikan perusahaan komputer dunia, HP, pada tahun 1939 di sebuah garasi kecil dengan modal awal US$ 538. Produk pertama mereka dipasarkan melalui garasi itu dan pelanggan pertama mereka adalah Walt Disney, yang membeli delapan osilator untuk mengembangkan sistem suara untuk film Fantasia.

Kini, HP adalah perusahaan komputer raksasa di dunia.

Di garasi ini komputer HP diciptakan/foto: hpmuseum

4. Lotus Cars
Kalau anda penggemar mobil balap pasti Lotus bukan nama yang  asing bagi telinga Anda. Ya, produser mobil balap kenamaan itu, Lotus Cars, didirikan pada tahun 1948 oleh Anthony Colin Bruce Chapman di saat usia 20 tahun. Chapman membangun mobil balap pertamanya di kandang belakang The Railway Hotel di Hornsey, London Utara. Mobil pertamnaya adalah Lotus Mark I.

Kini Lotus Cars adalah salah satu produsen mobil balap terkemuka di dunia.

Lotus Mark I produksi pertama Lotus Cars dari sebuah garasi/foto: only-carz


5. Microsoft
Mungkin jarang orang tahu bahwa perusahaan Microsoft itu didirikan dari sebuah garasi kecil yang hanya bisa memuat 2 orang saja. Perusahaan software raksasa itu didirikan oleh Bill Gates dan temannya Paul Allen pada tahun 1975 dengan nama Microsoft.

Kedua insan jenius ini ahli dalam bidang interpreter bahasa pemrograman BASIC untuk komputer mikro. Microsoft menjadi merek dagang resmi sejak tahun 1976 setelah menjalani serangkaian ujian dari Micro Instrumentation dan Telemetry Systems (MITS), pencipta Altair 8800.

Setelah itu, perusahaan terus mengembangkan softwarenya yang kemudian menjadi sebuah operasi system (OS) yang diterapkan di dalam sebuah perangkat komputer, atau yang kita kenal sekarang dengan Windows. Microsoft Windows pertama diliris pada tahun 1985.

Hari ini, Microsoft adalah perusahaan teknologi multinasional yang mengantarkan Bill Gates, sebagai CEO Microsoft saat itu, menjadi orang terkaya di dunia.

Pendiri Microsoft, Paul Allen (kiri) dan Bill Gates (kanan), tahun 1975/foto: raszl

6. Apple
Pada tahun 1976, perusahaan Apple didirikan oleh tiga orang bersahabat, yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne di usia mereka yang masih muda. Mereka bertiga merintis sebuah komputer Apple I dari sebuah garasi milik orangtua Jobs di California. Komputer yang mereka jual adalah sebagai motherboard, tanpa keyboard, monitor, atau casing. Sebuah toko komputer lokal berminat dengan karya Jobs, yang saat itu berusia 21 tahun, lalu membelinya sebanyak 50 unit, dengan harga US$ 500 per unit.

Ini merupakan kesuksesan pertama bagi Jobs dan kawan-kawan. Keberhasilan itu berlanjut pada penciptaan Apple II dan kemudian berkembang pada Macintosh yang menjadi OS dari seluruh perangkat Apple.

Apple kini perusahaan teknologi paling istimewa di dunia, dengan produk terkemuka di pasar internasional, seperti iPod, iPhone dan iPad.

Dari garasi rumah ini, Steven Jobs dan kawan-kawan mendirikan Apple/foto: isource

7. Amazon
Bisa dipastikan hampir seluruh aktifis internet dunia tahu apa itu Amazon? Ya, Amazon adalah toko online terbesar di dunia yang bermarkas di Washington DC, Amerika Serikat. Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dari sebuah garasi rumahya di Bellevue. Awalnya, Bezos hanya menjual buku-buku dari garasinya itu dan mempromosikan bisnisnya di 48 negara.

Amazon saat ini tidak hanya menjual buku, melainkan menjual beragam produk-produk, seperti kesehatan, kecantikan, otomotif, elektronik, gadget, perabot rumah tangga dan lain-lain. Selain itu, Amazon juga membuka jaringan penjualan afiliasi terbesar di dunia. Yaitu, mereka membayar sejuamlah komisi penjualan kepada orang yang mau menjual produk-produk yang dijual di Amazon. Banyak orang di dunia menjadi kaya raya berasal dari sistem penjualan afiliasi ini. Kalau anda berminat menjadi afiliater Amazon, Anda harus daftar dulu menjadi membernya. Gratis kok!

Amazon dimulai dari rumah ini/foto: anderson

8. Google
Kalau perusahaan yang satu ini, saya yakin semua orang di dunia, mulai dari pelosok desa hingga kota, mulai dari mbah-mbah hingga anak kecil TK, pasti mengenal apa itu Google? Perusahaan satu ini benar-benar dikenal oleh masyarakat dunia karena mesin pencarinya. Dan bahkan menjadi perusahaan yang paling terkenal di dunia dalam dua dasawarsa di awal abad 21 ini. Tapi tahukah anda siapa pendiri Google dan bagaimana mereka merintisnya?

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, kedua adalah mahasiswa saat itu, pada tahun 1998 di California. Keduanya merintis perusahaan ini dari sebuah garasi yang disewakan oleh seorang teman kuliahnya, Susan Wojcicki, pada September 1998. Saat itu Page dan Brin rela menyewa garasi itu dengan harga yang tinggi untuk orang yang memulai bisnisnya, yaitu US$ 1700.

Di awalnya, proyek Google mengganggu aktifitas kuliah mereka, sehingga pernah keduanya memutuskan untuk menjual Google kepada Excite sebesar $ 1 juta. Excite menolak tawaran itu.

Lalu mereka kembali memutuskan untuk fokus kembali mengembangkan Google, dan pada kali pertama mereka mengangkat pegawainya, Craig Silverstein. Hanya butuh lima bulan saja, Larry Page dan Sergey Brin rajin bekerja mengembangkan algoritma Google yang suatu hari membuat Google menjadi terkenal di seluruh dunia.

Teman Page dan Brin yang menyewakan garasinya, kini menjadi wakil presiden Google manajemen produk. Sedangkan, pegawai pertamanya, Craig Silverstein, kini menjabat sebagai direktur teknologi. Delapan tahun setelah memulai, Page dan Brin membeli garasi di Santa Margarita Avenue, di mana Google pertama dimulai, sebagai penghargaan untuk awal yang sederhana.

Kini, Google menjadi perusahaan teknologi algoritma terbesar di dunia.

Dari garasi ini, Google si Mesin Pencari itu dilahirkan/foto: mashable



#Semoga informasi ini memotivasi dan menginspirasi kita semua. Tempat tidak lah menjadi halangan kita untuk berkarya dan berinovasi. Mereka memulai bisnis mereka mulai dari serba keterbatasan. Keterbatasan itulah yang menjebol dinding-dinding mustahil yang akhirnya menghantarkan mereka menuju keberhasilan. Sesuatu yang besar dimulai dari upaya-upaya kecil yang dijalaini dengan serius dan ketekunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar