17 Januari 2016

Ilmuwan Mancanegara 'Reunian' di Indonesia Saat Gerhana Matahari Total 2016

Ilustrasi/foto: google

Negara Indonesia adalah satu-satunya negara yang daratannya menjadi jalur gerhana matahari total (GMT), 9 Maret 2016 mendatang. Oleh karenanya, tidak hanya wisatawan asing saja yang ingin menyaksikan peristiwa alam ini di Indonesia. Melainkan para astronom, peneliti, fotografer dan ilmuwan dari segala penjuru dunia diagendakan akan tumplek blek kumpul di Indonesia para hari bersejarah itu.



Hal itu dinyatakan oleh Peneliti Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Emanuel Sungging Mumpuni, bahwa lembaga antariksa Prancis akan mengkonfirmasi kerjasama dengan LAPAN terkait gerhana matahari 2016 ini.

Pengamatan akan dilakukan di beberapa titik dari 11 provinsi GMT, yaitu Palembang, (Sumatera Selatan), Bangka, Belitung, Sampit (Kalimantan Tengah), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara).

Selain dari 11 provinsi di atas, wilayah Indonesia lainnya yang bisa melihat gerhana matahari sebagian meliputi; Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makasar,Kupang, Manado dan Ambon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar