26 Januari 2016

9 Fakta Unik dan Menarik Tentang Gerhana Matahari

Proses terjadinya gerhana matahari/foto: Shutterstock

Sebuah gerhana matahari adalah peristiwa alami yang terjadi di bumi saat bulan bergerak dalam orbitnya antara bumi dan matahari (ini juga dikenal sebagai okultasi). Ini bisa terjadi saat bulan baru atau New Moon, ketika itu posisi matahari dan bulan berada dalam satu posisi. Di mana bulan melintas di antara bumi dan matahari sehingga kedudukan matahari, bulan, dan bumi terletak pada satu garis lurus. Akibatnya, sinar matahari yang jatuh ke bumi terhalang oleh bulan.


Namun, tahukah anda bahwa gerhana matahari yang sudah terjadi sekian lama di bumi ini memiliki fakta-fakta menarik yang bisa kita jadikan pelajaran dan penambah pengetahuan:


Fakta Gerhana Matahari


  1. Gerhana matahari bisa terjadi 2 hingga 5 kali dalam setahun tergantung pada geometri dari matahari, bulan dan bumi. Kejadian berulang ini tentunya berlaku di tempat yang berbeda.
  2. Bulan yang menutupi matahari secara total hanya akan menampakkan sisi korona matahari.
  3. Orang-orang yang tinggal di kutub utara dan selatan hanya akan melihat gerhana matahari parsil. Dan orang-orang yang tinggal selain dari wilayah kutub bisa menyaksikan gerhana matahari parsial, total, annular, dan hybrid.
  4. Durasi terlama gerhana matahari total bisa berlangsung hingga 7,5 menit.
  5. Gerhana matahari total bisa disaksikan dalam jarak lebar 160 km dan gerhana bisa melintasi di permukaan bumi sepanjang 10 ribu mil.
  6. Selama gerhana matahari total, kondisi di titik gerhana total berubah dengan sangat cepat.
  7. Suhu udara mengalami penurunan drastis dan daerah menjadi gelap.
  8. Saat gerhana matahari berlangsung, jika ada planet di sekitar bumi maka akan nampak dengan titik cahaya yang terang.
  9. Gerhana matahari total aman dilihat dengan mata telanjang tanpa kacamata pelindung atau filter saat totalitas berlangsung. Namun, jika bulan bergesar dan matahari kembali bersinar maka kita dilarang melihat matahari karena cahaya yang kuat sehingga bisa merusak mata seketika.


Itulah 9 fakta tentang gerhana matahari yang dirangkum dari space-facts.com. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar