26 Januari 2016

Mengenal Jenis-jenis Gerhana Matahari

Jenis-jenis gerhana matahari/foto: theplanets

Sebuah gerhana matahari terjadi ketika bulan berada di antara bumi dan matahari, dan bulan melemparkan bayangan atas bumi. Sebuah gerhana matahari hanya dapat terjadi pada fase bulan baru, ketika bulan lewat langsung antara matahari dan bumi dan bayangan yang jatuh pada permukaan bumi. Tapi apakah keselarasan menghasilkan gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian atau gerhana matahari annular tergantung pada beberapa faktor, semua dijelaskan di bawah.


JENIS GERHANA MATAHARI

Ada empat jenis gerhana matahari: Total, Annular, Parsial dan Hybrid. Berikut ini yang menyebabkan masing-masing jenis:

Gerhana Matahari Total

Diameter 864.000-mil matahari sepenuhnya 400 kali lebih besar dari bulan kecil kita, yang hanya berukuran sekitar 2.160 mil. Tetapi bulan juga bisa menjadi sekitar 400 kali lebih dekat ke bumi dari matahari (rasio bervariasi karena keduanya orbit yang elips), dan sebagai hasilnya, ketika pesawat orbital berpotongan dan jarak menyelaraskan menguntungkan, bulan baru dapat muncul untuk benar-benar menghapuskan piringan dari matahari. Rata-rata gerhana total terjadi di suatu tempat di bumi setiap 18 bulan.

Saat gerhana matahari total berlangsung, sebenarnya ada dua jenis bayangan yang dihasilkan, yaitu Umbra dan Penumbra. Umbra adalah bagian dari bayangan di mana semua sinar matahari yang terblokir. Umbra mengambil bentuk gelap, ramping kerucut. Bayangan Umbra akan dikelilingi oleh penumbra, ringan, berbentuk corong bayangan dari sinar matahari yang sebagian dikaburkan.

Selama gerhana matahari total, bulan melemparkan umbra nya pada permukaan bumi; bayangan yang dapat membentang sepertiga dari jalan di sekitar planet bumi hanya dalam beberapa jam. Saat matahari berproses menjadi gerhana total, masyarakat yang paling beruntung adalah mereka yang berada tepat dan langsung di mana bayangan umbra berada. Mereka dapat menyaksikan keindahan korona matahari dan bayangan umbra yang menutupi alam semesta.

Korona matahari adalah bagian luar matahari yang akan terlihat jelas saat bulan menutup total piringan matahari. Itu adalah pemandangan yang indah. Totalis gerhana bisa mencapai 7 menit 31 detik, meskipun sebagian gerhana total biasanya lebih pendek.


Gerhana Matahari Parsial atau Sebagian

Sebuah gerhana matahari parsial terjadi ketika hanya penumbra (bayangan parsial) melewati Anda. Dalam kasus ini, bagian dari matahari selalu tetap dalam pandangan selama gerhana, hal ini juga tergantung pada keadaan tertentu.

Biasanya penumbra memberikan hanya pandangan lirikan atau seklebat ke planet kita untuk daerah kutub; dalam kasus tersebut, tempat jauh dari kutub tapi masih dalam zona penumbra mungkin tidak melihat lebih dari kerang kecil dari matahari tersembunyi oleh bulan. Dalam skenario yang berbeda, mereka yang diposisikan dalam beberapa ribu mil dari jalur gerhana total akan melihat gerhana parsial.

Semakin dekat Anda ke jalur totalitas gerhana matahar, semakin besar pula bayangan umbra yang diterima karena cahaya matahari yang redup. Jika, misalnya, Anda diposisikan di luar dari jalur gerhana total, Anda akan melihat semakin berkurang matahari seperti halnya bulan sabit, kemudian menebal lagi sebagai bayangan lewat.

Gerhana Matahari Annular atau Cincin

Gerhana annular, mirip dengan gerhana total namun berbeda. Gerhana matahari annular menawarkan pemandangan yang langka dan menakjubkan. Saat gerhana annular terjadi langit menjadi gelap jingga seperti senja palsu, bukan gelap seperti gerhana total. Hal itu disebabkan karena sinar matahari tidak semua terhalang oleh bulan. Gerhana annular adalah subspesies dari gerhana parsial, tidak total. Durasi maksimum untuk sebuah gerhana annular adalah 12 menit 30 detik.

Namun, gerhana matahari annular mirip dengan gerhana total saat melewati titik terpusat di matahari. Perbedaannya adalah, bulan terlalu kecil untuk menutupi piringan matahari sepenuhnya. Kalau, di gerhana total, bulan menutup sang surya seutuhnya. Hal ini dikarenakan bulan mengelilingi bumi dalam orbit elips, jarak dari Bumi dapat bervariasi dari 221.457 mil ke 252.712 mil. Tapi bayangan kerucut gelap umbra Bulan dapat memperpanjang keluar tidak lebih dari 235.700 mil; yang kurang dari rata-rata jarak bulan dari Bumi.

Jadi jika bulan berada pada jarak yang lebih besar, ujung umbra tidak mencapai Bumi. Selama gerhana seperti itu, antumbra, kelanjutan teoritis umbra, mencapai tanah, dan siapa saja yang terletak di dalamnya dapat melihat masa, lalu kedua sisi umbra dan melihat annular, atau "cincin api" di sekitar bulan.

Perumpamaan yang tepat yang bisa menggambarkan gerhana matahari annular adalah meletakkan satu sen di atas nikel, sen menjadi bulan, nikel menjadi matahari.

Gerhana Matahari Hybrid

Ini juga disebut  gerhana annular-Total ("AT"). Jenis khusus dari gerhana yang terjadi ketika jarak bulan dekat batasnya untuk umbra untuk mencapai Bumi. Dalam kebanyakan kasus, gerhana AT dimulai sebagai gerhana annular karena ujung umbra jatuh hanya singkat membuat kontak dengan Bumi; maka menjadi total, karena kebulatan planet tersebut mencapai dan memotong ujung bayangan dekat tengah lintasan, kemudian akhirnya ia kembali ke annular menuju akhir lintasan.

Karena bulan muncul lewat langsung di depan matahari, baik total, annular dan hibrida, jenis gerhana-gerhana tersebut juga disebut sebagai "pusat" gerhana untuk membedakan mereka dari gerhana yang hanya parsial atau sebagian.


Dari semua gerhana matahari, sekitar 28 persen adalah total; 35 persen parsial; 32 persen annular; dan hanya 5 persen adalah hibrida.

Adapun gerhana matahari 2016 yang akan terjadi di Indonesia adalah jenis gerhana matahari total. Dan, gerhana ini merupakan gerhana matahari total pertama di Indonesia di abad 21 ini. Makanya, jangan terlewatkan ya..!


Sumber: Space.com

1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus