20 Januari 2016

Pakai Versi Baru, Pemerintah Pakistan Lokal Cabut Pemblokiran Youtube

foto: web.pk

Selama tiga tahun ini, Pakistan telah memblokir situs Youtube yang dianggap sering menayangkan video yang melanggar kode etik negara tersebut. Namun, Rabu ini (20/1), pemerintah Pakistan mencabut pemblokiran tersebut seiring pemberlakuan versi baru Youtube. Apa itu?


Dikabarkan dari Google, selaku pengembang situs Youtube, bahwa pihaknya telah membuat versi baru Youtube di mana pemerintah setempat (menurut negara masing-masing) bisa menghapus konten yang dinilai buruk atau melanggar etika bangsa.

Hal itu dinyatakan secara resmi oleh Kementerian Teknologi Informasi dan Telekom Pakistan, bahwa dengan versi baru Youtube ini, Pakistan bisa memblokir materi yang tak diinginkan dari Youtube. Pemerintah Pakistan dapat memakai Youtube versi Pakistan sendiri yang digunakan oleh masyarakat Pakistan.

"Google telah menyediakan cara memblokir akses video yang tak cocok ditonton rakyat Pakistan," ujar Kementerian tersebut, seperti yang dilansir oleh Arab News.

Alasan utama pemblokiran Youtube selama ini adalah masyarakat sangat sensitif terhadap penistaan agama Islam. Hal ini jika dibiarkan, massa akan mudah marah yang dikhawatirkan terjadi pembunuhan. Itu yang tidak diinginkan.


#Indonesia apakah seperti itu juga ya? Bagus itu, terobosan baru dari Youtube, terkadang layanan filter tidak mampu membendung konten yang kurang layak dilihat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar