10 Februari 2016

Jamur Pemusnah Plastik Ditemukan di Hutan Amazon


Sebuah terobosan baru ditemukan oleh kelompok mahasiswa dari Yale University yang dipimpin oleh Profesor Scott Strobel, ahli biokimia, yaitu sebuah fungi atau jamur yang diduga pemakan benda berbahan plastik. Temuan ini tentu diharapkan menjadi penemuan terbesar dalam sejarah manusia, mengingat jumlah sampah atau limbah plastik semakin hari semakin membesar di bumi ini.
Scott bersama para mahasiswanya berkelana menelusuri hutan basah Amazon, Ekuador, yang dianggap sebagai rumah untuk segala macam bentuk spesies micro, jamur dan lain-lain. Misi yang dibawa oleh mereka adalah penyelidikan ilmiah secara komprehensif dan kreatif terhadap tanaman dan microorganisme yang dibudidayakan dalam jaringan tanaman.

Tak rugi, mereka menemukan spesies jamur baru yang rakus terhadap masalah limbah plastik atau biasa disebut dengan poliuretan. Jamur baru ini, Pestalotiopsis microspora, menambah daftar jamur bagi ilmu pengetahun yang menjadi solusi atas beragam permasalahan di lingkungan hidup masyarakat dunia.

Jamur tersebut memiliki karakteristik bertahan hidup dengan mengkonsumsi plastik saja, bukan yang lainnya. Selain itu, disebutkan fakta bahwa Pestalotiopsis microspora melakukan hal tersebut dalam kondisi oksigen bebas (anaerob) pada lingkungan yang dekat dengan kondisi di bawah tempat pembuangan sampah.

Dan seorang mahasiswa, Jonathan Russell, mencoba mmengisolasi enzim yang memungkinkan organisme untuk mendegradasi plastik sebagai sumber makanannya. Tim Yale menerbitkan temuan mereka dalam sebuah Journal Applied and Environmental Microbiology" akhir tahun lalu menyimpulkan mikroba adalah "sumber yang menjanjikan keanekaragaman hayati untuk skrining sifat metabolisme yang berguna bagi bioremediasi."


#Alhamdulillah, ini adalah temuan yang luar biasa! Mudah-mudahan jamur ini segera dikembangkan agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dunia yang sudah jenuh dengan sampah plastik yang tidak ramah lingkungan.

Referensi: 
- http://www.thecollectiveint.com/2013/05/plastic-eating-fungi-found-in-amazon.html
- http://www.fastcoexist.com/1679201/fungi-discovered-in-the-amazon-will-eat-your-plastic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar