11 Februari 2016

Ini Hebatnya Manfaat Buah Apel Mengatasi 8 Penyakit dan Gangguan Tubuh yang Ditakuti Banyak Orang

Foto: simplyrealmoms

Buah apel merupakan buah yang mudah dijumpai di Indonesia, baik apel impor maupun apel lokal. Kandungan nutrisi yang terdapat pada semua jenis apel pada dasarnya sama, namun yang membedakan adalah jumlah kandungannya.
Apel bagian dari herbal, yaitu tumbuhan yang diambil manfaat dari buahnya untuk keperluan pengobatan.Sejumlah penyakit dan gangguan kesehatan bisa diatasi dengan mengkonsumsi apel secara seimbang.

Berikut ini hebatnya manfaat buah apel mengatasi 8 penyakit dan gangguan tubuh:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Peneliti dari The Florida State University mengungkapkan bahwa apel disebut dengan 'buah ajaib'.
Pasalnya, studi yang menghasilkan penemuan bahwa wanita tua yang rutin mengkonsumsi apel minimal 2 kali sehari memiliki 23% lebih sedikit kolesterol jahat (LDL). Hal ini dikarenakan buah apel mengandung fitonutrien, yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan kadar kolesterol total. Oleh karenanya, jika anda memiliki kolesterol tinggi buah apel adalah solusi terbaik menurunkan kolesterol.

2. Mengatasi Sembelit

Apel mengandung serat yang tinggi sehingga membantu mengatasi masalah-masalah pencernaan dan pembuangan kotoran, seperti mules, rasa nyeri di usus halus dan sembelit. Mengkonsumsi rutin buah apel setiap hari menjaga kesehatan pencernaan kita secara alami.

3. Mencegah Pikun

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Food Science pada tahun 2008 menunjukkan bahwa
mengkonsumsi buah apel bermanfaat bagi kesehatan saraf, mengurangi ketegangan dan terhindar dari stres. Hal ini disebabkan karena buah apel mengandung quercetin yang berguna menjaga sel-sel otak dan saraf.

Oleh sebab itu, konsumsi buah apel dalam diet harian sangat bagus bagi orang yang sudah memasuki usia lanjut karena bisa mencegah dari kepikunan dan penyakit Alzheimer, yaitu kondisi di mana otak mengalami penurunan dalam berpikir dan mengingat.

4. Mengatasi Asma

Buah apel yang dijus sangat bermanfaat untuk menghilangkan gejala-gejala asma. Penelitian telah menghubungkan minum jus apel setidaknya sekali sehari, dapat mengurangi mengi dan masalah pernapasan lainnya yang berhubungan dengan asma. Bukti ilmiah untuk manfaat kesehatan ini terletak pada antioksidan dan nutrisi anti-inflamasi yang ditemukan dalam apel. Untuk hasil terbaik, pastikan bahwa jus apel yang Anda minum itu masih segar. Ibu hamil juga dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah asma pada anak-anak mereka dengan makan banyak apel saat mereka hamil.

5. Mencegah dan Mengatasi Penyakit Kardiovaskular

Penyakit Kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan organ jantung (kardio) dan pembuluh darah (vaskular). Penyakit kardiovaskular ini meliputi penyakit jantung koroner/iskemik, stroke, penyakit jantung karena tekanan darah tinggi, penyakit jantung rematik, pembesaran aorta, penyakit jantung bawaan dan lain-lain.

Buah apel sangat kaya akan kandungan antioksidan yang benar-benar bagus untuk kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi apel, anda dapat melindungi peroksidasi lipid (oksidasi lemak) sejak awal terjadi. Hal ini akan menurunkan risiko untuk daftar panjang masalah jantung kronis, termasuk penyakit kardiovaskular. Karena risiko untuk masalah jantung meningkat dengan usia, tidak pernah terlalu terlambat untuk mulai makan apel untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda mulai sekarang.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Dikutip dari WebMD, sebuah penelitian di Perancis pada tahun 2004 mengungkapkan bahwa terdapat senyawa kimia pada apel yang dianggap bisa melawan sel-sel kanker, khususnya kanker usus. Demikian halnya menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Cornell Rui Hai Liu yang menemukan senyawa tambahan pada apel yang disebut dengan triterpenoid, yang berguna untuk melawan dan mencegah kanker hati, usus besar dan kanker payudara.

Hal itu sebagaimana eksperimennya yang melibatkan beberapa pasien yang memiliki kanker payudara dan dia menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, khususnya apel, yang memberikan manfaat kepada konsumen dengan kandungan fenolat lebih.

7. Melawan Obesitas atau Kegemukan

Anda mau menurunkan berat badan? Masukkan buah apel ke dalam daftar diet khusus Anda. Ternyata menurut  jurnal Food Chemistry pada tahun 2014 menyebutkan bahwa sebuah penelitian mengungkapkan senyawa bioaktif yang disebut asam ursolic yang terkandung di dalam buah apel bisa membantu masalah pencernaan, bakteri usus, serta mengurangi resiko obesitas. Penelitian ini berdasarkan uji coba pada tikus gemuk yang diberi apel dan melibatkan tujuh varietas apel, yaitu Granny Smith, Braeburn, Fuji, Gala, Golden Delicious, McIntosh dan Red Delicious.

Dari kesekian jenis buah apel, tampaknya Granny Smith memiliki efek yang paling menguntungkan pada bakteri usus yang baik. Para peneliti  menyarankan bahwa temuan mereka menajdi strategi baru untuk mencegah obesitas dan gangguan yang terkait.

8. Mengurangi Resiko Diabetes

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa apel, serta pir dan blueberry bisa mengurangi resiko diabetes tipe 2 atau pengembangannya. Hal ini disebabkan karena kandungan serat, antioksidan dan anthocyanin yang terdapat di dalam buah apel. Selain itu, jurnal juga menambahkan nutrisi dan senyawa kimia alami pada apel tersebut bisa dijumpai di buah dan sayur-sayuran yang memiliki daun kemerahan, ungu dan biru.

Baca juga manfaat buah anggur yang tak kalah hebatnya untuk mengatasi penyakit secara alami.



Referensi:
http://www.medicalnewstoday.com/articles/267290.php
http://www.huffingtonpost.com/2014/09/04/health-benefits-apples_n_1855590.html

1 komentar:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

    BalasHapus