10 Februari 2016

Kenali Karakteristik dan Jenis Insulin Sesuai Kebutuhan Diabetes Anda

Pilih dengan bijak jenis insulin untuk diabetes anda/Foto: curemoll

Jenis insulin yang digunakan dalam terapi insulin pada penderita diabetes amatlah beragam. Keberagaman jenis-jenis insulin ini memiliki ciri-ciri untuk disesuaikan dengan kebutuhan anda terhadap insulin. Karakteristik itu meliputi :


Onset : seberapa cepat insulin mulai beraksi
Peak : waktu saat insulin bekerja paling optimal dan efektif untuk menurunkan kadar gula darah
Durasi : seberapa lama insulin bertahan untuk menurunkan dan menstabilkan gula darah anda
Kekuatan : kekuatan yang paling umum adalah U-100, yang berarti memiliki 100 unit insulin per 1 mili liter cairan.

Jenis insulin ini adalah paling umum yang bisa dijumpai di sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia. Anda tidak perlu khawatir saat anda bepergian ke luar negeri jika kehabisan stok insulin. Beberapa insulin yang tersedia di beberapa negara adalah insulin at U-500 dan U-40.

Secara teknis, saat anda mengambil terapi insulin sebagai salah satu pengobatan diabetes, insulin bekerja umumnya menurut kecepatan onset dan durasi efek obat. Dalam hal ini, anda memiliki 4 pilihan jenis insulin yang berbeda sesuai kebutuhan anda :

Rapid-Acting Insulin

Jenis insulin ini memulai beraksi efeknya sekitar 15 menit setelah anda suntikan, puncak efeknya antara 30 hingga 90 menit lalu akan bertahan antara 3 hingga 5 jam. Dan itu sering diambil sebelum makan, meskipun boleh juga sesudahnya. Insulin jenis ini bisa anda dapatkan dengan merek Humalog (lispro), NovoLog (aspart), Apidra (glulisine).

Short-Acting Insulin

Umumnya diambil sebelum makan sekitar 30 menit hingga 1 jam dengan tujuan menutupi elevasi gula darah dari makan. Insulin ini akan memberikan efek sekitar 30 menit hingga 60 menit, puncak setelah 2 jam hingga 4 jam. Sedangkan durasi bertahan sekitar 5 hingga 8 jam. Insulin jenis ini bisa anda dapatkan dengan merek Humulin R, Novolin R

Intermediate-Acting Insulin
Jenis insulin ini mulai bekerja dalam 1 jam hingga 4 jam, puncak antara 4 dan 12 jam tergantung merek. Insulin ini bisa bertahan efeknya 12 jam hingga 20 jam (tergantung jenis) dalam mengontrol darah. Sehingga insulin ini bisa digunakan dalam semalaman. Merek yang umum adalah  Humulin N (NPH), Novolin N (NPH)

Long-Acting Insulin

Insulin jenis ini memiliki onset 1 jam, tidak ada puncak dan memiliki waktu efek paling lama sekitar 20 hingga 26 jam. Insulin ini cenderung untuk memenuhi kebutuhan insulin untuk sehari penuh, dengan pengambilan sekali per hari.

Pre-mixed insulin 

Jenis insulin ini merupakan penggabungan Short-Acting Insulin dan Intermediate-Acting Insulin. Menurut aturannya, ia diambil 10 menit hingga 30 menit sebelum makan dan hanya diperlukan dua kali dalam sehari. Insulin ini bekerja mulai 5 hingga 60 menit, puncak bervariasi dan efeknya akan berlangsung 10-16 jam. Pre-mixed Insulin dirancang untuk kenyamanan pasien diabetes, sebab tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama terhadapa insulin. Merek yang umum adalah Humulin 70/30, Novolin 70/30, NovoLog 70/30, Humulin 50/50, Humalog mix 75/25, Humalog mix 50/50

Kendati anda memiliki kebebasan untuk memilih jenis-jenis insulin sebagaimana di atas, namun sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu mana jenis insulin yang cocok bagi anda. Dokter anda lebih tahu tentang kondisi tubuh anda dan dia akan memberikan arahan yang tepat sesuai kebutuhan anda. Jenis-jenis insulin ini tersedia dalam beragam bentuk penyajian, seperti insulin suntikan, insulin pompa dan insulin pena.

1 komentar:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

    BalasHapus