06 Februari 2016

Obat-obatan Untuk Penderita Diabetes Tipe 1

Penyuntikan insulin/foto: bbc

Obat-obat diabetes tipe 1 dari pengobatan medis telah tersedia di pasaran dan sangat mudah dijumpai. Obat-obatan diabetes tipe 1 yang diambil harus melalui resep dokter tidak sebanyak obat-obatan diabetes tipe 2 dari segi jenis dan mereknya.

Hal ini dikarenakan diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling banyak dimiliki oleh sebagian besar masyarakat dunia, lebih banyak penyebabnya dan lebih kompleks masalah dan penanganannya. Sedangkan, diabetes tipe 1 jarang orang memilikinya, sebagian besar menyerang pada anak-anak dan diduga penyebab tunggal utama adalah gangguan autoimmun.

Obat-obatan diabetes tipe 1 secara medis terbagi menjadi dua, yaitu obat-obatan yang terkait langsung dengan pengendalian kadar gula darah dan obat-obatan yang berhubungan dengan jantung dan permasalahannya sebagai pencegahan maupun penanganan.

Obat-obatan yang terkait dengan gula darah

1. Insulin

Diabetes tipe 1 merupakan jenis diabetes yang bergantung dengan insulin. Karena kasusnya adalah pasien kekurangan insulin atau sel-sel beta pada pankreas berhenti memproduksi insulin. Oleh karenanya, insulin merupakan pengobatan paling umum untuk penderita diabetes tipe 1. Keberuntugan bagi penderita, mereka memiliki pilihan jenis insulin sesuai kebutuhan, yang meliputi:


  • Short-acting: Regular (R) (Novolin, Humulin dan merek lainnya)
  • Rapid-acting: insulin glulisine (Apidra), insulin aspart (FlexPen, NovoLog), insulin lispro (Humalog)
  • Intermediate-acting: insulin isophane (Humulin, Novolin, Iletin)
  • Long-acting: insulin glargine (Lantus), insulin detemir (Levemir)


Untuk lebih jelas tentang pengenalan jenis-jenis insulin, silahkan baca Mengenal Perbedaan Jenis-jenis Insulin Sesuai Kebutuhan Penderita Diabetes.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan insulin adalah pengambilan insulin harus berdasarkan petunjuk dokter sebelum anda menyuntikkannya pada pertama kali, selalu perhatikan dosis yang diperlukan dan anda harus memantau kadar gula darah anda seiring penggunaan insulin. Jangan sampai kadar gula terlalu rendah (hipoglikemia) karena banyaknya insulin dalam darah. Ada baiknya anda mengetahui bagaimana menempuh terapi insulin yang benar dengan membaca artikel Terapi Insulin Bagi Penderita Diabetes Tipe 1 dan tipe 2.

2. Amylinomimetic

Amylinomimetic atau biasa juga disebut dengan Amylin adalah hormon peptida 37-residu dan bagian dari pankreas endokrin. Amylinomimetic bertujuan memberikan kontribusi untuk kontrol glikemik. Peptida yang disekresikan dari pankreas ke dalam sirkulasi darah dan dibersihkan oleh peptidase di ginjal. Hal ini tidak ditemukan dalam urin. Efek yang diberikan Amylinomimetic adalah memperlambat laju penumpakan glukosa dalam darah setelah makan.

Hal ini dicapai melalui koordinasi melambat pengosongan lambung, penghadangan sekresi penggilingan yang melalui asam lambung, enzim pankreas dan empedu ejeksi. Maka, hal ini nanti akan menyebabkan pengurangan asupan makanan. Oleh karenanya, Amylinomimetic harus diambil sebelum makan.

Amylinomimetic hadir di pasaran dengan merek Pramlintide (SymlinPen 120, SymlinPen 60). Konsultasikan kepada dokter anda untuk mendapatkan panduan penggunaan dan dosis.

Obat-obatan yang berhubungan dengan jantung dan permasalahannya

Obat-obatan jenis ini bisa jadi digunakan sebagai pencegahan jika muncul gejala-gejala atau pengobatan apabila memang kondisi anda mengarah ke sana. Obat-obatan ini meliputi:


  • Aspirin untuk kesehatan jantung
  • Obat untuk tekanan darah tinggi
  • Obat penurun kolesterol


Secara umum, sebagian dokter meresepkan obat-obatan di atas. Maka, perhatikan baik-baik saran-sarannya.


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar