01 Februari 2016

Penderita Diabetes Wajib Diet, Tapi Jangan Salah Kaprah Soal Diet!


Diabetes tipe 2 dan diet adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan jika anda menghendaki kesembuhan dan hidup sediakala meski dengan peluang diabetes akan datang kembali, atau bahkan tidak. Diet memiliki peranan penting untuk mengelola diabetes dan mengendalikan kadar gula darah.
Bila anda bertanya kepada para ahli kesehatan seperti dokter atau tim kesehatan masyarakat yang sering mengatasi diabetes dan penyuluhan, mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa diet merupakan jalan terbaik untuk diabetes disembuhkan.

Namun, saya pernah menjumpai salah satu penderita diabetes tipe 2 yang berpendapat bahwa diet tidak memberi dampak signifikan bagi diabetesnya. Dia sudah berulang kali melakukan diet tetapi kadar gula selalu tinggi dan tidak terkontrol. Dia nampak putus asa, sementara kondisi tubuhnya semakin memburuk akibat diabetes. Kemudian saya bertanya balik kepadanya; "apa yang kamu ambil untuk dietmu? dan berapa lama kamu menerapkan diet diabetes?" Dia menjawab; "saya menerapkan diet hanya sebulan, saya merasa bosan karena dilarang makan ini dan itu".

Saya tahu bahwa dia adalah orang yang banyak makan dan tidak bisa memilih mana makan yang baik dan buruk. Ketika dalam kondisi diabetes yang semakin memburuk dia makan banyak nasi, minuman bersoda, kue roti, minum teh manis, tidak pernah makan buah dan sayur-sayuran. Dia benar-benar tidak mau bersabar untuk diet.

Pada saat ini, dia sudah mengalami gejala-gejala komplikasi ke organ dalam seperti paru-paru dan ginjal. Sementara usia dia masih 39 tahun.

Namun di sisi lain, banyak orang sudah membuktikan bahwa mereka bisa hidup sehat tanpa diabetes berkat diet. Terutama pada kasus diabetes tipe 2, diet merupakan suatu sikap dan ketegasan anda tentang mana yang harus anda makan banyak, mana yang harus dikurangi dan mana yang harus dihindari. Jadi, diet diabetes tipe 2 tidak mengharuskan anda hanya makan dan minum dengan satu jenis makanan atau minuman yang membuat anda bosan sehingga meninggalkan diet. Anda masih diperkenankan makan makanan favorit anda dalam jumlah dan batasan tertentu.

(Makanan yang sebaiknya banyak dimakan)

Buah dan sayuran segar
Serat makanan

(Makanan yang sebaiknya dikurangi)

Makanan asin
Makanan berlemak
Makanan dengan kadar gula tinggi
Karbohidrat olahan seperti kue

(YANG HARUS DIHINDARI)

Merokok
Minuman beralkohol
Minuman bersoda
Lemak jenuh, jika ada resiko kolesterol dan jantung

1 komentar:

  1. Makan sehat dan benar untuk hidup lebih baik. Thank you informasinya!

    Training Auditor

    BalasHapus